Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang selama ini dikenal peduli dengan generasi muda terlebih dalam menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, kemarin kembali memberikan motivasi bersama motivator termuda nomor satu di Indonesia Mr Syafii Efendi.
Syaharie Jaang lebih dulu berbagi pengalaman dan memotivasi 3.500 pelajar dan mahasiswa dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Kewirausahaan, Tema "Membentuk Mental Enterpreneurship Pemuda Mandiri Untuk Sukses Di Usia Muda" di Plenary Hall Sempaja, Minggu (26/11).

  “Luar biasa anak anakku dengan membayar Rp 100 ribu hingga 150 ribu untuk datang mencari ilmu bersama motivator termuda nomor 1 di Indonesia. Uang yang dibayarkan untuk tiket ke sini, tidak ada apa apanya dengan ilmu yang didapat dan kalau ke depannya menjadi pengusaha,” ucap Jaang.
Jaang mengatakan menjadi pengusaha sekarang tidak harus menyewa kios, cukup di genggaman tangan, apalagi Samarinda baru-baru ini mendapat penghargaan Smart City dari pemerintah pusat menyisihkan 500-an kabupaten/kota lainnya.
“Tidak perlu sewa kios lagi, usaha cukup di genggaman tangan yang sejalan dengan program Smart City pemkot Samarinda. Perizinan UMKM cukup diurus di kecamatan dan gratis,” saran Jaang.
Menurut Jaang, tingga bagaimana generasi muda yang berjiwa entrepreneur melihat potensi usaha apa yang akan dijalankan. “Bapak yakin, anak anak bapak banyak ide cemerlang. Tapi tidak akan berarti apa apa, jika ide itu diimplementasikan. Sampah pun akan berarti jika kita berdayakan dengan kreatifitas,” harap Jaang.
Jaang mengapresiasi kegiatan seminar yang menghadirkan Mr Syafii Efendi yang menyiapkan entrepreneur di masa depan.
“Jadilah pengusaha yang berbuat dan berbagi untuk karyawannya. Ini juga saya sampaikan kepada anak saya,” tutur Jaang.
Syafii sendiri memuji kepedulian Syaharie Jaang terhadap pemuda Samarinda, terlebih komitmen menyiapkan generasi muda berjiwa entrepreneur, yang agamis dan jauh dari narkoba.
“Dibalik orang hebat, pasti ada perjuangan yang hebat. Kita juga sangat patut belajar dengan beliau,” ungkap Syafii.
Dikatakan Syafii, orang di sekeliling adalah daya ungkit terbesar keberhasilan.
“Kelilingi diri Anda dengan orang-orang terbaik dan bekerja sama lah,” ujar Syafii dalam motivasinya.
Selain itu ada beberapa quotes yang dapat membangkitkan semangat anak muda agar selalu meningkatkan kualitas diri, “Sederhana bukan berarti rendah, rendah bukan berarti rendah diri. Kualitas diri lah yang menentukan jati diri sebenarnya,” ucapnya.
Sebanyak 3.500 peserta yang hadir nampak sangat antusias, terlihat dari padatnya peserta saat mengantri masuk untuk registrasi hingga keseruan saat berada di dalam gedung.
Dalam kesempatan itu, Jaang didampingi kepala Diskominfo Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah, kepala Dinas Pendidikan Akhmad Hidayat dan beberapa pejabat terkait.

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Sengkotek